Tips Menambah Percaya Diri

Mau tau bagaimana caranya agar kita bisa lebih percaya diri? Yuk baca tulisan ini.🙂
Tips Menambah Percaya Diri :
1. Hadapi kekurangan dan masalahmu dengan bertawakal kepada Allah.
Melarikan diri dari kenyataan diri tidak ada baiknya sama sekali. Bahkan akan semakin banyak dan menumpuk. Yang penting, kita jangan pernah beranggapan bahwa diri kita adalah orang yang paling top diantara orang lain. Sehingga akan membuat kita sombong dan beranggapan bahwa orang lain tidak ada apa-apanya dibanding diri kita.
Hati-hatilah dan jangan pernah berfikiran seperti itu. Mulailah segera mengambil langkah positif. Hadapilah segala masalah dan jangan melarikan diri dari ujian ini. Tetapi berjanjilah kepada diri sendiri bahwa kamu adalah seorang pemberani yang tangguh. Jangan sekali-kali takut menghadapi kenyataan.

2. Mulailah Bekerja.
Yakin, bahwa kita juga mempunyai pintu kesuksesan. Konsentrasilah pada pintu itu dan mulailah menyusuri perjalanan panjang dengan segala daya upaya, kalau perlu dengan keringat dan perjuangan keras. Berusaha keras untuk mengatasi kekurangan dan raihlah kesuksesan.

3. Lewat pintu yang benar.
Setiap manusia yang hidup di dunia ini mempunyai jalan masing-masing untuk menuju kesuksesannya. Yang sangat disayangkan adalah ketika seseorang tertarik dan mengikuti jalan yang telah ditempuh orang lain sebelumnya. Ia berusaha menempuhnya kembali, lalu gagal. Ia mengulangi lagi dan gagal lagi, demikian berulang kali hingga hidupnya hancur.
Oleh karena itu yang terpenting adalah kita harus mempunyai inisiatif dan ide yang sudah kita fikirkan untuk menentukan jalan yang tepat dan sesuai dengan diri kita.
Janganlah kita berhenti pada satu titik dan memaksakannya, tetapi konsentrasikan kekuatan kita pada kelebihan yang kita miliki.

4. Pandai bersyukur dan ikhlas.

Hanya dengan percaya dan iman kepada Allah yang dapat membuat syaraf dan jiwa kita tenang. Selain itu, juga bisa membuat otak jernih, kepribadian matang dan lebih toleran.
Perasaan ikhlas bisa membuat seseorang bisa menjadi sangat tenang dan damai. Apalagi keyakinan kita bahwa Allah telah memilihkan kita jalan yang sangat cocok dengan diri kita. Keyakinan bahwa Allah lebih sayang kepada kita daripada kedua orangtua kita, membuat hati kita lebih toleran, ikhlas dan damai.
Tidak ada seorang yang iri dan dengki mampu beriman, dan mereka tidak pernah ditulis dalam sejarah, bahwa orang-orang perusak itu hatinya tidak akan dipenuhi takwa. Oleh karena itu, mendekatlah selalu kepada Allah.

5. Terimalah dirimu sendiri

Jika kita saja tidak bisa menerima diri kita sendiri, bagaimana orang lain akan menerima kita? Belailah dengan lembut jiwa yang sedang tidak menentu dalam diri kita. Terimalah keadaan kita, karena penerimaan kita itu adalah proses pertama menuju percaya diri. Tidak perlu banyak mengumpat dan mengeluh, karena semakin banyak mengeluh tanpa disadari ternyata menyita banyak bagiandari kebahagiaan hidup kita dan akan membuat kita lebih terpuruk.

6. Sayangi diri kita.
Jangan menghukum diri kita jika kita melakukan suatu kesalahan atau lalai. Memang benar, menyesal adalah penting dan salah satu syarat diterimanya taubat. Tetapi jika terlalu menyalahkan diri juga tidak disukai oleh agama. Kalau tidak demikian, maka tidak ada orang yang mau bekerja, berproduksi dan setiap orang sepanjang hidupnya akan tersandera didepan kesalahanya dan menagisi dosa-dosa.

7. Lawan orang yang hendak menghancurkan kita.
Kritikan pedas dengan kata-kata kasar yang didasari sikap kesombongan tidak boleh dibiarkan begitu saja dan harus dilawan.
Ditengah jalan kita akan menemui orang yang hendak menghancurkan kepercayaan diri kita baik dengan niat baik atau niat buruk, maka kita harus menghentikan niat mereka dengan sungguh-sungguh. Katakan pada mereka bahwa kita adalah seseorang yang tidak bisa dihancurkan.
Tidak perlu emosi menanggapi kritik yang membangun, justru harus senang dengan nasehat orang lain. Tetapi kritik yang menyimpang harus dilawan dengan jiwa yang tenang dan dengan kekuatan.

8. Buatlah catatan keberhasilan.
Segera kembalikan kepercayaan diri kita pada saat hampir menipis. Ingatkan pada diri kita, bahwa kita pernah melakukannya dan kita mampu melakukannya sekali lagi. Inilah cara terbaik untuk mengembalikan kepercayaan diri.

9. Berani bertanggung jawab.
Hancurkan kekauatan kita dan bergeraklah maju merobohkan ketakutan yang pernah kita alami. Lakukan dengan tenang, rapi dan tekat yang kuat sehingga kita bisa mengalahkan ketakutan dan keraguan. Hadapilah sesuatu yang kita takuti dan ingatlah bahwa selama orang lain mampu melakukannya, berarti kita juga mampu melakukannya sekarang ini.

10. Ubahlah pola fikir negatif.

Seseorang yang ingin menanamkan percaya diri, harus menjauhi cara berfikir negatif dan menyerah, serta harus yakin dengan kemampuan dirinya untuk mengatasi semua masalah.
Sikap itu akan timbul jika kita mau membuat daftar keberhasilan yang pernah kita capai. Nikmatilah kesuksesan kita dalam setiap langkah kita, walaupun itu sebuah kesuksesan kecil. Biasakan membaca sejarah dan biografi orang-orang yang sukses, bagaimana mereka mampu mengalahkan dan menyingkirkan rintangan dan godaan yang menghadang perjalanan mereka.

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sutau kaum, hingga mereka mau mengubah sendri keadaan mereka.” (Qs. Ar-Ra’d : 18)

Sekiaaan😀, bukan berati dengan saya menulis tips ini saya sudah menjadi seorang yang benar-benar percaya diri loh, saya juga masih dalam tahap belajar dan berusaha, saya menulis tips ini hanya berbagi dari tulisan yang pernah saya baca, agar kita sama-sama bisa berusaha menjadi orang yang lebih percaya diri.🙂

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk saya(pada khususnya) dan anda semua yang membaca(pada umumnya). Amiiin😀

Posted By Yulita

Referensi : “Inspiring WOMEN Rahasia di Balik Wanita Sukses-Karim Asy-Syadzili”

7 Tanggapan

  1. […] This post was mentioned on Twitter by yulia, Komunitas UpdateBlog. Komunitas UpdateBlog said: #UpdateBlog @LithaDePooh: Tips Menambah Percaya Diri https://yulitanurmalasari.wordpress.com/2011/01/12/tips-menambah-percaya-diri/ […]

  2. mari kita tanamkan dan kembangkan nilai percaya diri sedini mungkin

  3. timss..
    bagus juga bro, nanti klo ada saran lain kirim ke e mail ku yooo….

  4. Sangat membantu sekali tulisannya,,,kebetulan saya lagi krisis kepercayaan diri..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: