Manfaat Durian

Saatnya nge-post ^_^
Nge-post kali ini berbeda dari biasanya. Bukan lagi menulis tentang curahan hati, tetapi tentang apa yang disukai😀
Durian
Buah DURIAN. Yap ga tau kenapa saya sangat suka dengan buah yang satu ini. Kenikmatan ketika memakannya itu loooh, “AMAZING” banget, Sekali gigit itu bikin ketagihan pengen lagi lagi dan lagi, hahaha #lebay😀 Dan ternyata buah durian itu banyak manfaatnya loh. Nah makanya saya jadi ingin berbagi ke teman-teman semua tentang apa sih manfaat buah durian?

Sebelum kita membahas mengenai manfaat durian lebih jauh, yuk kita cari tau dulu apa sih durian itu🙂

Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah “raja dari segala buah” (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain justru tidak suka dengan aromanya.

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak nama-nama lokal buah yang satu ini. Nama terbanyak ditemukan di Kalimantan, yang mengacu pada berbagai varietas dan spesies yang berbeda. Durian di Jawa dikenal sebagai duren (bahasa Jawa, bahasa Betawi) dan kadu (bahasa Sunda). Di Sumatera dikenal sebagai durian dan duren (bahasa Gayo). Di Sulawesi, orang Manado menyebutnya duriang, sementara orang Toraja duliang. Di Kota Ambon dan kepulauan Lease biasa disebut sebagai Doriang. Di Pulau Seram bagian timur disebut rulen.

Durian bukanlah buah terlarang, kadar lemaknya jauh lebih rendah dibanding lemak hewani. Dikutip dari healthmad, berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa diatasai dengan makan buah durian yang tidak terlalu banyak :

1. Mengatasi sembelit karena banyak mengandung serat
2. Mengatasi anemia karena mengandung folat/vitB9 yang dibutuhkan untuk memproduksikan sel darah merah
3. Menjaga kesehatan kulit karena mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan & antipenuaan
4. Mengandung banyak potasiun atau kalsium sehingga baik untuk kesehatan tulang & persendian
5. Asal tidak dimakan berlebihan, kandungan mangan dalam durian bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil
6. Mengandung senyawa tembaga yang bisa menjaga kesehatan kelenjar tiroid
7. Menjaga nafsu makan karena banyak mengadung thiamin/vitamin B1
8. Mengatasi migrain karena mengandung senyawa riboflavin/vit B2
9. Meredakan stres dan mengatasi depresi karena mengandung vit B6 atau pridoksin
10. Menjaga kesehatan gigi & mulut karena mengandung posphor

ingat yaa “Tidak terlalu banyak”.🙂

Selain banyak manfaat dalam hal kesehatan, durian juga ada nilai gizinya :
Setiap 100 g salut biji mengandung 67 g air, 28,3 g karbohidrat, 2,5 g lemak, 2,5 g protein, 1,4 g serat; serta memiliki nilai energi sebesar 520 kJ. Durian juga banyak mengandung vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C; serta kalium, kalsium dan fosfor.

Itulah manfaat dan nilai gizi yang terkandung didalam buah durian. Banyak kan?🙂 Nah, jadi siapa yang mau beliin durian buat saya? atau minimal sop durian deh😀 #loh hahaha
Semoga postingan kali ini bermanfaat buat semua🙂
just share info for you all,, ^_^

Sumber : wikipedia, healthmad

2 Tanggapan

  1. bagus mbak yuli…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: